NU Care-LAZISNU Jateng Kembali Bantu UMKM Modal Usaha


Penulis: Arif Hidayat
17 Nov 2023
Bagikan:
By: Arif Hidayat
17 Nov 2023
213 kali dilihat

Bagikan:

NU Care-LAZISNU Jawa Tengah kembali menyalurkan bantuan pemberdayaan ekonomi kepada masyarakat, dalam bentuk modal usaha bagi para pelaku UMKM. Bantuan disalurkan secara simbolis di kantor NU Care-LAZISNU Jawa Tengah, pada Jum'at (17/11/2023) siang.

“Alhamdulillah, hari ini, Lazisnu kembali bergerak mendistribusikan bantuan dalam bentuk bantuan modal usaha kepada masyarakat yang membutuhkan, khususnya di beberapa titik di Jawa Tengah,” kata Ketua NU Care-LAZISNU PWNU Jawa Tengah, Muhammad Mahsun.

Mahsun menjelaskan, penerima bantuan antara lain pedagang warung rumahan, pedagang makanan dan para pelaku UMKM lainnya.

“program ini berupa dukungan modal usaha untuk masyarakat, kami wujudkan berupa barang yang memang sesuai kebutuhan usaha para penerima bantuan dan sebagian disalurkan berupa uang tunai untuk pedagang warung, pedagang pecel sayur, camilan dan lainnya," ucapnya.

Direktur NU Care-LAZISNU Jawa Tengah, Wibowo menambahkan bahwa kegiatan pemberian bantuan modal usaha program Warung Nusantara ini merupakan implementasi program kerja sama dengan Majelis Telkomsel Taqwa (MTT), dalam pendistribusian dana zakat.

"bantuan modal usaha ini adalah dana zakat karyawan Telkomsel untuk membantu masyarakat, tentunya sesuai asnaf, yang harapannya dapat menambah semangat bagi para pelaku UMKM di Jawa Tengah," terangnya.

Wibowo menambahkan, dengan adanya bantuan modal usaha yang diberikan dapat bermanfaat serta bisa mendorong transformasi mustahik menjadi munfiq bahkan muzaki.

"selain bantuan modal yang diberikan untuk 50 orang penerima manfaat yang tersebar di 5 Kabupaten / Kota se Jateng-DIY, kami juga menitipkan kotak infak warung untuk mengajak para mustahik berlatih menjadi munfik dan tidak menutup kemungkinan menjadi muzaki baru" ujar Wibowo.

Sementara itu, perwakilan MTT Regional Jateng-DIY, Wahyu menyampaikan, kerja sama yang dilakukan oleh NU Care-LAZISNU Jawa Tengah dan MTT adalah kolaborasi kebaikan yang harus terus dibangun untuk membantu masyarakat.

“Donasi zakat dari karyawan Telkomsel ini kami serahkan kepada para mustahik, semoga suntikan modal ini bisa bermanfaat dan mengembangkan usaha yang sudah berjalan," tuturnya.

Lebih lanjut, Wahyu menambahkan bahwa selain bantuan modal usaha, MTT dan LAZISNU Jateng juga sudah melaksanakan pendistribusian bantuan beasiswa untuk para santri, bingkisan guru ngaji dan bantuan-bantuan lainnya bagi masyarakat di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

 

Pewarta: Arif Hidayat

Penulis: Arif Hidayat
Tags:

Berita Lainnya

Mitra NU Care - Lazisnu Jawa Tengah
WhatsApp